Senin, 12 April 2010


HONIARA - Gempa berkekuatan 7,1 skala richter melanda Kepulauan Solomon hari ini. Tidak ada laporan ancaman tsunami yang menyusul gempa tersebut. Sementara informasi mengenai kerusakan ataupun korban jiwa belum dapat diraih.

Menurut Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) kedalaman gempa berada pada 52 kilometer dengan titik pusat gempa, berada pada sekira 97 kilometer barat daya kota Kira Kira di Pulau Makira. Demikian diberitakan News.com.au, Minggu (11/4/2010).

Pusat Informasi Tsunami Pasifik mengkonfirmasi jika tidak ada ancaman tsunami yang dialami akibat gempa ini.

kepulauan Solomon memang tidak lepas dari sejarah gempa yang menimpa wilayah mereka. Pada 2 April 2007 silam, negara tersebut dilanda gempa yang disertai dengan tsunami. Gempa 2007 itu berkekuatan 8,1 skala richter dengan titik pusat berada pada Ibukota Kepulauan Solomon, Honiara.

Gempa dahsyat disertai gelombang tsunami yang tinggi mencapai sekira 10 meter dan kerusakan terparah terjadi di Pulau Gizo. Jumlah korban tewas akibat gempa saat itu sejumlah 52 jiwa. Sementara 900 rumah warga dikabarkan hancur dan menyebabkan ribuan warga kehilangan tempat tinggalnya.

0 komentar:

Posting Komentar